Menghasilkan Uang Dengan Nge-blog di WordPress

Sebenarnya ada begitu banyak cara untuk menghasilkan uang dengan nge-blog, khususnya dengan bantuan wordpress.com. Tapi dalam kesempatan kali ini, saya hanya akan membahas dua diantaranya:

Download Free Ebook WORDPRESSTIGIOUS: Bikin Blog dan Website Menarik Dengan WordPress.

1. Ziddu – pay per download

Ziddu (www.ziddu.com) adalah situs file sharing laiknya Rapid Share, 4Shared, Box.Net, Uploading, dan Easy Share. Apa yang membedakan Ziddu dengan kompatriotnya adalah bahwa Ziddu memungkinkan anggotanya untuk mendapatkan bonus mulai dari US$1 – $100 dari setiap file yang sudah diuploadnya. Contoh: Anda menulis sebuah ebook yang berjudul “How to get rich in one minute”. Karena Anda adalah orang yang baik, Anda kemudian meletakkan atau mengupload file ebook tersebut ke server Ziddu.com. Setelah itu, Anda mulai membuat tulisan atau post di blog Anda yang ada di wordpress.com mengenai buku Anda ini. Di dalam tulisan Anda ini, Anda berusaha sebaik mungkin untuk membuat semua orang yang membacanya jadi berminat untuk mendownload ebook tersebut. Akibatnya, para pembaca Anda pun mulai mendownload buku tersebut.

Awalnya mungkin hanya ada satu-dua orang yang mendownload ebook itu per hari. Tapi karena Anda gigih dalam berpromosi, rata-rata pendownload ebook tersebut naik menjadi 1000 orang per hari. Di hari yang keseratus, Anda mungkin akan sumringah karena mendapati akun paypal Anda sudah terisi dengan uang sebesar $100.

Menurut aturan main yang dibuat oleh Ziddu, situs yang berbasis di Asia ini bersedia membayar Anda sebesar $0,001 per satu download yang terjadi. Dengan demikian, Anda baru bisa mendapat uang sebesar $1 jika sudah ada seribu download yang terjadi. Jujur, mungkin aturan seperti ini bisa menyakiti hati Anda selaku penulis, tapi $0.001 masih lebih baik bukan dibanding tidak sama sekali.

 

2. E-Commerce

Cara kedua adalah cara favorit saya dan banyak blogger wordpress Indonesia lainnya. Dengan cara kedua ini, blogger akan memanfaatkan blog wordpress.com sebagai etalase produk-produknya. Umumnya, pemesanan oleh calon pembeli akan dilakukan via email, Yahoo Messenger dan telepon. Sementara pembayaran untuk setiap pembelian akan dilakukan dengan cara transfer uang antar bank atau Paypal. Contoh kasus terbaik untuk cara kedua adalah blog yang menjual kaos, yakni Kaos Kojo di alamat http://kaoskojo.dagdigdug.com atau Wimkhan Clothing.

Kaos Kojo yang juga menjadi official merchandise untuk grup band Cokelat ini menggunakan blognya sebagai etalase produk-produk kaosnya. Untuk transaksi pembayaran, Kaos Kojo menyediakan dua metode, yakni transver via bank atau Paypal.

Lenancker-Romain2

Which one is the best one?

Jika Anda menanyakan kepada saya tentang metode terbaik diantara Ziddu dan E-Commerce, maka saya dengan bangga menjawab metode kedua. Saya memilih metode kedua karena di dalam dunia e-commerce, seorang pedagang bisa mengatur hubungan bisnis dengan pembelinya secara lebih leluasa. Sebagai pedagang digital, Anda berhak menentukan sendiri berapa harga barang yang Anda jual, berapa diskon yang bisa Anda berikan untuk pembelian yang mencapai kuota tertentu, dan sebagainya.

Note:

Tulisan ini adalah salah satu subbagian dari 5 subbagian yang ada di dalam ebook karya Wim Permana, “WORDPRESSTIGIOUS: Bikin Blog dan Website Menarik Dengan WordPress”. Untuk membaca versi lengkap tulisan ini, silahkan mengunduhnya via ziddu.com.

Download Free Ebook WORDPRESSTIGIOUS: Bikin Blog dan Website Menarik Dengan WordPress .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s